Minggu, 25 Mei 2014

Semakin di Depan di Motor Rossi Perkuat Yamaha

Untuk kali pertama dalam sejarah, kalimat dalam bahasa Indonesia terpampang di motor dan baju pembalap MotoGP.� Dengan Semakin di Depan', Yamaha berharap brand mereka kian kuat.

Tahun ini, kalimat 'Semakin di Depan' yang merupakan slogan Yamaha Indonesia akan tampil di ekor motor Yamaha YZR-M1, motor andalan Yamaha di ajang balap MotoGP. Selain itu, kalimat yang sama juga terpampang di lengan kedua pembalap Fiat Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Peluncuran slogan 'Semakin di Depan' di motor YZR-M1 dilakukan oleh Rossi yang berkunjung ke Medan serta Lorenzo yang berkunjung ke Bandung, Sabtu (27/2/2010) dan Minggu (28/2/2010).

"Ini tentu akan memperkuat branding Yamaha di Indonesia mengingat MotoGP sangat populer di sini," ujar Direktur Pemasaran PT Yamaha Motor Kencana Indonesia Vincent Mulyono dalam jumpa pers di Bandung, Minggu (28/2/2010).

Dapat terpampangnya kalimat 'Semakin di Depan' merupakan hasil dari kesuksesan penjualan Yamaha selama tahun 2009. Dari informasi yang didapat detiksport, penjualan Yamaha di Indonesia merupakan yang terbaik di dunia.

"Memang, (penjualannya) cukup besar. Itu adalah salah satu kontribusi kami untuk kantor pusat," imbuh Victor tanpa mengonfirmasi ataupun membantah tentang kabar di atas.

Pemasangan slogan 'Semakin di Depan' di motor serta baju balap Rossi dan Lorenzo ini akan berlangsung selama setahun penuh. Untuk tahun depan, Victor mengaku akan berusaha mempertahankannya.

"Untuk 2010 sudah deal untuk setahun. Ke depannya, kita akan coba pertahankan. Keberhasilan ini penting dalam meningkatkan citra serta semangat untuk memasarkan," ulas Victor.

"Ini juga untuk mempertahankan pasar kami. Bagi Yamaha, menang kalah itu bukan yang utama, tapi bagaimana kami dapat memuaskan konsumen," tuntasnya.

Selasa, 20 Mei 2014

Mobil F1 dari Kotak Sepatu

Kotak sepatu terkadang sering kali tidak lagi kita perhatikan ketika sepatu yang kta beli sudah kita gunakan. Namun ternyata bila ada di tangan kreatif, kotak sepatu ternyata bisa pula dijadikan pajangan yang bagus.

Seperti yang dilakukan oleh Wilson brothers yang berhasil menjadikan kotak
sepatu menjadi sebuah instalasi berbentuk mobil Formula 1.

Instalasi mobil Formula 1 yang dibuat oleh Wilson brothers itu sendiri dibuat dari puluhan kotak sepatu merek Puma. Karton-karton kotak sepatu itu gunting menurut pola tertentu dan kemudian dirangkai menjadi satu kesatuan.

Mobil Formula 1 dari kota sepatu Puma itu dibuat oleh Wilson brothers untuk
sebuah toko di Chicago, Amerika Serikat. Dan hingga saat ini, mobil-mobilan F1 tersebut masih terlihat terpajang apik di toko sepatu baru itu.

Kamis, 15 Mei 2014

Honda Recall 14.250 Unit PCX di Thailand

Honda di Thailand memanggil para pemilik skutik bongsor PCX alias merecall PCX dari pasar Thailand akibat adanya kesalahan pada baut di bagian mesin kendaraan.

Baut tersebut letaknya di sekitar puley depan kendaraan dan menurut Honda bila baut ini tidak diperbaiki, maka dikhawatirkan akan terjadi kerusakan pada drive belt kendaran.

Ini tentu meresahkan karena seperti halnya rantai pada motor-motor konvensional, drive belt ini adalah penghubung antara putaran mesin dan roda. Bila bagian ini rusak, tentu akan terjadi masalah.

Kemungkinan besar ada 14.250 unit PCX yang akan ditarik dari Thailand yakni
motor-motor dengan kode mesin dari NC125DE 000001 sampai NC125DE 0014250. Untuk memperbaiki kesalahan tersebut Honda Thailand akan memperbaikinya secara gratis.

Adanya penarikan Honda PCX di Thailand sendiri telah diakui oleh PT Astra Honda Motor (AHM) yang menjadi distributor motor Honda di Indonesia. Honda sendiri akan memasukkan motor ini ke pasar tanah air.

Meskipun demikian hal tersebut tidak berpengaruh sama sekali terhadap produk-produk yang dijual Honda di Indonesia.

Di Thailand, Honda PCX sendiri baru dikeluarkan Honda pada bulan November tahun lalu dengan menggendong mesin berkapasitas 125 cc 4 tak satu silinder yang dilengkapi fitur ECE 40 Mode cycle.

Kabarnya motor yang mengaplikasi teknologi idling stop system yang merupakan teknologi yang dapat membuat mesin PCX mati saat motor ini berhenti dalam waktu lama dan relatif irit karena sanggup melaju sejauh 50 km hanya dengan meminum 1 liter bensin.

Sabtu, 10 Mei 2014

Penjualan Toyota Turun, Ford Ambil Untung

Meskipun recall adalah tanggung jawab produsen terhadap keselamatan konsumen, namun tetap saja berpengaruh terhadap pencitraan. Bahkan, penjualan Toyota di Amerika sampai menurun di bulan Februari lalu.

Bergulat dengan krisis keamanan terbesar dalam sejarah, Toyota menjadi salah satu dari hanya dua produsen mobil, bersama dengan Chrysler, yang melaporkan penurunan penjualan untuk bulan Februari.

Seperti dilansir Reuters, Senin (1/3/2010) perusahaan riset otomotif Edmunds.com melihat pangsa pasar Toyota turun hingga 12,6 persen pada bulan Februari, yang merupakan tingkat terendah sejak Juli 2005.

Krisis yang keamanan melanda pabrikan nomor dua dibelakang GM ini juga cenderung meredam penjualan industri secara keseluruhan, kata analis.

Sementara Ford Motor Co, Nissan Motor Co dan Hyundai Motor Co muncul sebagai pemenang besar, dengan keuntungan penjualan yang mereka laporkan dalam kisaran 20 hingga 40 persen pada bulan Februari.

Ford, satu-satunya pembuat mobil AS yang terhindar dari kebangkrutan tahun lalu, bisa menambahkan poin persentase tahun ini menjadi 16,5 persen dari pasar, menyalip Toyota sebagai penjual Nomor 2.

Ford Motor Co melaporkan kenaikan terbesar di antara produsen mobil 'Detroit Big Three' sebesar 35,3 persen dari tahun sebelumnya, sementara GM penjualan naik 16,2 persen.

Asbury Automotive Group, melalui Chief Executive, Charles Oglesby mengatakan dia mengharapkan Toyota untuk lebih berani dan agresif dalam menawarkan program insentif untuk merebut kembali penjualan yang hilang karena recall.

Februari penjualan mobil AS akan naik sekitar 9 persen menjadi 14 persen, yang lebih kecil dari yang diharapkan meningkat di AS, perusahaan riset otomotif Edmunds.com memprediksi penjualan 10,6 juta AS, turun 100.000 unit dari Januari.

Senin, 05 Mei 2014

Daihatsu Tingkatkan Produksi Mobil

Pasar mobil diperkirakan akan kembali marak tahun ini setelah sempat terpukul krisis di 2009 lalu. Daihatsu pun bersiap menyambut pasar dengan meningkatkan kapasitas produksi terpasang menjadi 286.000 unit pada tahun 2010.

PT Astra International Tbk selaku induk usaha PT Astra Daihatsu Motor menyiapkan dana Rp 250 miliar untuk meningkatkan kapasitas produksi yang rencananya akan berlangsung pada awal semester II-2010 hingga tahun 2011.

"Otomotif roda empat akan mengalami pertumbuhan 10 persen tahun ini. Untuk Daihatsu sendiri akan ada peningkatan kapasitas produksi dari 211 ribu unit per tahun, dengan dua shift non overtime, jadi 286 ribu unit tahun ini," ujar Presdir PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto seusai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Hotel Four Season Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Senin (1/3/2010).

Selain itu menurut Sugiarto, untuk di tahun 2010, Astra menargetkan pertumbuhan 10-15 persen untuk pasar otomotif roda empat.

Sementara itu, Direktur PT Astra International Tbk yang juga Presdir PT Toyota-Astra Motor Johnny Darmawan Danusasmita, target ini akan tercapai jika ketidakpastian politik dapat terlewati. Faktor lain adalah kepastian atas pajak progresif dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah yang masih diributkan oleh konsumen.

"Kalau Pak Prijono bilang 10%, dengan dilaluinya ketidakpastian ini maka saya bilang pertumbuhan mobil akan 15%. Bisa menjadi 550 ribu. Kalau dua faktor berjalan, maka market akan bergerak sendiri," papar Johnny.

Ditambahkannya, untuk penjualan mobil Toyota bulan Februari 2010, sudah mencapai 20.800 unit. Pada bulan lalu saja, Toyota meraih penjualan 39.400 unit.

"Market Share kita targetkan selalu diatas 50%. Tahun ini sekitar 52-53%. Januari saja sudah 58%. Tahun 2009 kita tutup dengan 56%," ungkap Prijono.

Sedangkan untuk� penjualan otomotif kelas roda dua (PT Astra Honda Motor) tahun 2010, terang Prijono, Astra menargetkan pertumbuhan 6,8% dari 5,8 juta unit di tahun 2009 menjadi 6,2 juta unit.