Jumat, 25 Juli 2014

Kendaraan 3 Roda Honda

Pabrikan besar dari Jepang, Honda, sepertinya tidak mau berhenti berinovasi. Setelah memiliki robot humanoid Asimo atau sepeda roda satu Unicycle, kini Honda kembali berinovasi.

Di ajang Geneva Auto Show 2010 Honda memperlihatkan satu lagi inovasinya yakni 3-RC.

3-RC merupakan sebuah kendaraan yang lebih mirip sebagai motor beroda tiga daripada di sebut sebagai sebuah mobil beroda tiga.

Karena banyak persamaan antara 3-RC dengan sebuah motor sebut saja posisi duduk si pengendara atau pun ban yang mereka gunakan.

Tapi uniknya, kendaraan yang dikembangkan oleh R&D Honda Eropa ini memiliki sebuah atap atau kanopi, meskipun hanya mereka gunakan untuk menutupi kendaraan ketika parkir serta sebuah bagasi yang letaknya di bagian depan kendaraan.

Karena itulah meskipun kabarnya 3-RC tidak akan pernah diproduksi massal, nampaknya kita bisa membaca hal ini sebagai sebuah usaha Honda untuk mencari sebuah konsep terkini untuk kendaraan masa depan masyarakat perkotaan.

Tidak hanya itu, 3-RC pun juga bisa dipandang sebagai jawaban Honda atas tantangan rival-rivalnya di industri global seperti Nissan yang telah menujukan kendaraan tiga roda bernama Landglider serta BMW yang membangun sebuah kendaraan yang bernama Simple.

Sebab di masa mendatang, sebuah kendaraan yang stylish dan lincah berpotensi akan laris manis, terutama di daerah perkotaan. Karena dengan kendaraan seperti ini, kita mampu bermanuver dan menyelinap di antara kemacetan lalu lintas.

Minggu, 20 Juli 2014

Toyota Bentuk Tim SWAT Untuk Tangani Recall

Presiden Toyota, Akio Toyoda benar-benar menepati janjinya untuk melakukan reformasi di pabrikan mobil terbesar di Jepang tersebut. Sampai-sampai, untuk mengantisipasi masalah keamanan, Toyota akan membentuk tim SWAT. Wah?

Melalui Executive Vice President Toyota Motor Corp, Shinichi Sasaki, sebagai yang bertanggung jawab atas jaminan mutu dan layanan pelanggan, Toyota akan melakukan cara-cara signifikan dalam melakukan pendekatan keamanan pelanggan.

SWAT adalah tim teknisi untuk membuat on-site inspeksi yang akan menindaklanjuti laporan insiden percepatan yang tidak disengaja secepat mungkin, tidak hanya akan menggunakan data EDR tetapi meningkatkan alat diagnostik kendaraan.

"Kami menggandakan komitmen kami untuk selalu menempatkan pelanggan kami dan keselamatan mereka ditempat pertama," ujarnya seperti dikutip dari testimony Shinichi Sasaki, Rabu (3/3/2010)

Toyota Motor Corp juga akan memberikan porsi peran yang lebih besar untuk orang-orang mereka di Amerika Utara dalam proses jaminan kualitas, termasuk recall.

"Dan kita akan berkomunikasi lebih terbuka dan lebih transparan dengan regulator keselamatan AS dan konsumen," tambahnya.

Untuk mencapai hal itu, Toyota akan merombak secara fundamental kualitas proses jaminan Toyota, di bawah arahan pribadi Presiden Akio Toyoda. Perbaikan ini akan mencakup seluruh proses penjaminan mutu dari perencanaan, desain untuk manufaktur, penjualan dan layanan.

Selasa, 15 Juli 2014

Toyota Bentuk 'Tim SWAT'

Presiden Toyota, Akio Toyoda benar-benar menepati janjinya untuk melakukan reformasi di pabrikan mobil terbesar di Jepang tersebut. Sampai-sampai, untuk mengantisipasi masalah keamanan, Toyota akan membentuk tim SWAT. Wah?

Melalui Executive Vice President Toyota Motor Corp, Shinichi Sasaki, sebagai yang bertanggung jawab atas jaminan mutu dan layanan pelanggan, Toyota akan melakukan cara-cara signifikan dalam melakukan pendekatan keamanan pelanggan.

SWAT bikinan Toyota adalah tim teknisi untuk membuat inspeksi langsung yang akan menindaklanjuti laporan insiden percepatan yang tidak disengaja secepat mungkin, tidak hanya dengan menggunakan data kotak hitam mobil 'EDR' tetapi meningkatkan alat diagnostik kendaraan.

"Kami menggandakan komitmen kami untuk selalu menempatkan pelanggan kami dan keselamatan mereka di tempat pertama," ujarnya dalam kesaksian tertulis yang disampaikan kepada Kongres AS, seperti dikutip situs resmi Toyota, Rabu (3/3/2010).

Toyota Motor Corp juga akan memberikan porsi peran yang lebih besar untuk orang-orang mereka di Amerika Utara dalam proses jaminan kualitas, termasuk recall.

"Dan kita akan berkomunikasi lebih terbuka dan lebih transparan dengan regulator keselamatan AS dan konsumen," tambahnya.

Untuk mencapai hal itu, Toyota akan merombak secara fundamental kualitas proses jaminan Toyota, di bawah arahan pribadi Presiden Akio Toyoda. Perbaikan ini akan mencakup seluruh proses penjaminan mutu dari perencanaan, desain untuk manufaktur, penjualan dan layanan.

Kamis, 10 Juli 2014

Mazda Akan 'Mengobati' 85 Unit CX9 di RI

Meski sama-sama didatangkan langsung dalam bentuk CBU dari Jepang, namun Mazda CX9 di Indonesia tidak terkena dampak langsung dari penyakit yang sama seperti di Amerika, dimana kursi pemanasnya bermasalah.

Akan tetapi, sebagai bagian dari antisipasi, maka PT Mazda Motor Indonesia, sebagai pemegang merek Mazda di Indonesia, akan mengobati sebanyak 85 unit Mazda CX9 yang terdapat di pasar Indonesia.

Hal tersebut diutarakan Brand Communication Manager PT Mazda Motor Indonesia, Astrid Ariani. Ia mengatakan, Mazda Motor Indonesia akan menghubungi para pemilik mazda CX9 tersebut satu persatu.

"Ada sekitar 85 unit CX9, dan kita akan menghubungi mereka satu persatu sebagai bagian dari antisipasi," ujarnya ketika dihubungi detikOto, Rabu (3/3/2010)

Nantinya, PT Mazda Motor Indonesia akan menambahkan ground harness pada kursi pemanas Mazda CX9 tersebut, agar tidak lagi terjadi kekurangan, sehingga proses peredaman panas pada kursi tersebut bisa kembali optimal.

"Kita akan tambahkan peredam panas pada kursi tersebut, lagi pula, masalah itu juga terjadi selama fitur seat warmer dalam keadaan on, kalau tidak pernah dinyalakan, tidak ada masalah," tambah Astrid.

Sehingga, kepada para pemilik Mazda CX9 yang ingin memastikan mobil yang dikendarainya tidak bermasalah, agar langsung mendatangi diler-diler resmi Mazda agar bisa diperiksa lebih lanjut.

Sabtu, 05 Juli 2014

New Honda CR-V Laku 1.472 Unit Dalam 10 Hari

Meski hanya merupakan varian facelift, wajah baru SUV andalan Honda yakni Honda New CR-V cukup diminati konsumen di tanah air.

Buktinya dalam waktu 10 hari, CR-V yang pada 8 Februari 2010 kemarin diluncurkan bisa terjual sebanyak 1.472 unit.

CR-V pun menjadi penyumbang penjualan terbanyak bagi Honda di bulan Februari 2010, mengalahkan Honda Jazz yang terjual 1.373 unit.

"Itu menunjukkan bahwa Honda CR-V semakin diminati konsumen setelah diluncurkan model terbarunya di pasaran Indonesia," ujar Direktur Marketing dan After Sales Service PT HPM, Jonfis Fandy, dalam rilis yang diterima detikOto, Rabu (3/3/2010)

Sementara Honda Freed juga terus menunjukkan angka penjualan yang stabil setiap bulan. Selama bulan Februari 2010, Honda Freed telah terjual sebanyak 1.007 unit
di Indonesia.

Pada segmen sedan, meski sempat diterpa isu recall, namun All New Honda City mencatat peningkatan penjualan sebanyak 301 unit di bulan Februari lalu. Jumlah tersebut lebih besar dibanding bulan Januari 218 unit.

Sehingga secara total, hingga bulan kedua di tahun 2010 ini, Honda Prospect Motor telah menjual sebanyak 8.186 unit mobil di seluruh wilayah Indonesia.